Semua Instansi Siap Dukung NYIA

Semua Instansi Siap Dukung NYIA

KULONPROGO  – Sebagai persiapan pengoperasional New Yogyakarta International Airport (NYIA) pada April 2019 mendatang, sejumlah instansi Pemda DIY bersama Kantor Staf Presiden (KSP), instansi vertikal dan perusahaan BUMN menggelar rapat koordinasi (rakor) di Kantor Pembangunan NYIA Temon, Selasa (15/01/2019). Rakor digelar pascakunjungan Gubernur DIY Sri Sultan HB X di lokasi NYIA pada Selasa (08/01/2019) lalu, membahas beberapa poin diskusi untuk target penyelesaian NYIA yang akan beroperasi April 2019 mendatang dan terkait kesiapan sejumlah instansi yang mendukung pembangunan bandara internasional di kawasan pesisir selatan Kecamatan Temon tersebut.

”Ada lima poin penting yang dibahas dalam rakor. Di antaranya persiapan layanan navigasi penerbangan, Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) untuk pengisian bahan bakar pesawat, jalan atau akses menuju dan dari bandara Kulonprogo, angkutan transportasi penunjang yang meliputi bus, kereta api dan lain-lain,” kata Tenaga Ahli Utama KSP Febry Calvin Tetelepta yang memimpin rakor.

Febry meminta semua pihak mempercepat koordinasi sehingga target operasional minimum NYIA pada April mendatang sudah siap. Dalam kesempatan tersebut sejumlah BUMN dan instansi terkait memaparkan kesiapannya untuk pengoperasian NYIApada April 2019 mendatang.

Pertamina diwakili Affan Hidayat mengatakan seputar penentuan lahan untuk depot pengisian pesawat dan penentuan lahan tersebut masih bersifat sementara. Sedangkan untuk pengoperasian April 2019 sudah siap.

Direktorat Jenderal Bea dan Cukai M Nasrulloh menegaskan, inspektur bandara sudah berkoordinasi dengan PT Angkasa Pura (AP) I terkait pelayanan dan suporting terutama mengenai kebutuhan untuk penunjang bandara. Prinsipnya Bea dan Cukai sudah siap untuk April 2019.

Facebook Comments