Presiden: Tiga KEK kawasan timur untuk pemerataan pembangunan

Presiden: Tiga KEK kawasan timur untuk pemerataan pembangunan

Yogyakartanews.com – Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa pengoperasian tiga kawasan ekonomi khusus (KEK) di kawasan Indonesia bagian timur bertujuan untuk pemerataan pembangunan.

“Ini akan ada yang namanya pemerataan pembangunan untuk kawasan timur di Maluku Utara dan Sulawesi Utara,” kata Presiden saat meresmikan pengoperasian KEK Bitung, KEK Maloy, KEK Morotai, Rusun UKI Manado, dan Rusun IAIN Manado, di Bandara Sam Ratulangi Manado, Sulawesi Utara, Senin (1/4).

Presiden menyebutkan, pembangunan KEK ditujukan untuk menarik investasi masuk ke Indonesia. Tidak hanya itu, KEK juga akan meningkatkan daya saing produk Indonesia.

“Jika dulu selalu mengekspor bahan mentah, dengan adanya KEK, ada industri pengolahan dalam negeri sehingga ada ekspor olahan bidang perikanan, perkebunan termasuk pengembangan pariwisata, ” ujar Presiden, dikutip Antara.

Meski demikian, sejumlah KEK masih membutuhkan penyesuaian untuk menunjang daerah itu. Presiden menyebutkan KEK Morotai masih perlu perpanjangan landas pacu bandara, sementara KEK Bitung masih perlu didukung oleh Tol Bitung-Manado yang pengerjaannya sudah 80 persen.

“Nanti bulan Oktober 2019 kita targetkan sudah bisa kita resmikan,” kata dia.

Facebook Comments