Pemuda Diingatkan Waspada dalam Merespons Perubahan Global

Pemuda Diingatkan Waspada dalam Merespons Perubahan Global

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi mengingatkan para pemuda untuk mewaspadai gelombang perubahan di tingkat nasional dan global.

JAKARTA – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi mengingatkan para pemuda untuk mewaspadai gelombang perubahan di tingkat nasional dan global yang ingin mencerabut akar budaya bangsa yang telah ditanamkan para pendiri bangsa.

Pesan itu seperti disampaikan Imam Nahrawi saat menghadiri pelantikan Pengurus Pusat Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (KMHDI) di Jakarta, Kamis (8/11/2018).

Dalam kesmepatan itu, Imam mengajak para pemuda khususnya KMHDI untuk bersatu dan menunjukkan karya terbaik dalam menghadapi gelombang perubahan tersebut.

“Ini harus kita hadapi. Harus kita sadarkan bahwa kita hari ini bisa menghirup udara bebas Indonesia, selain karena Tuhan yang Maha Esa juga karena perjuangan para pendiri bangsa,” kata Imam.

Imam mengatakan, kunci menghadapi perubahan adalah persatuan. Selian itu, lanjut Imam, pemerintah juga terus berupaya menempatkan generasi muda bukan semata sebagai objek pembangunan. Pemerintah akan memberikan peran utama kepada anak-anak muda dalam pembangunan.

“Semoga ini jadi motivasi bagi kita, bahwa kepercayaan ini kita buktikan dengan kerja kreatif, bertanggung jawab dan konsisten dalam mengawal NKRI,” ucap Imam.

Sementara itu, Ketua Presidium PP KMHDI 2018-2020, I Kadek Andre Nuaba mengamini adanya gelombang perubahan yang sangat cepat baik di tingkat nasional maupun global.

Andre menyampaikan pentingnya keterlibatan organisasi mahasiswa sebagai wadah dan alat pengkaderan mahasiswa dalam menghadapi situasi nasional dan global yang penuh ketidakpastian.

Ketidakpastian ini hanya bisa disiasati dengan kaderisasi yang dijalankan dengan konsisten dan sistematis. “Sistem pendidikan kaderisasi yang dimiliki KMHDI diharapkan mampu membentuk kader menjadi para kesatria yang siap menyambut setiap perubahan yang terjadi,” kata Andre.

Negara-negara di dunia lanjut dia, saat ini sedang menghadapi peetarungan global dan berlomba menguatkan sumber daya yang mereka miliki untuk bertahan diri.

“Pertempuran tersebut memasuki semua lini, baik sumber daya, ekonomi, apalagi politik. Konsistensi KMHDI menguatkan kaderisasi diharapkan mampu memberikan sumbangsih terhadap pembangunan sumber daya manusia Indonesia,” ujar Andre.

Facebook Comments