Pemerintah Gelontor Bantuan Pelatihan Kerja

Pemerintah Gelontor Bantuan Pelatihan Kerja

Sukoharjo – Pemkab Sukoharjo mendapat paket tambahan latihan kerja dan peralatannya dari pemerintah pusat untuk digunakan di tahun 2019. Diharapkan bantuan tersebut bisa menjadi sarana pembekalan kemampuan kepada calon tenaga kerja di Sukoharjo.

Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Sukoharjo Bahtiyar Zunan, Kamis (6/12) mengatakan, pada tahun 2018 ini Pemkab Sukoharjo hanya mendapatkan sebanyak 23 paket pelatihan kerja dari pemerintah pusat. Sedangkan tahun 2019 mendatang jumlahnya meningkat menjadi 40 paket. Kenaikan disebabkan karena beberapa faktor seperti tingginya perkembangan industri dan banyaknya lowongan kerja di Sukoharjo.

“Pemerintah pusat menilai Sukoharjo berhasil dalam pelatihan dan penyerapan tenaga kerja untuk mengurangi jumlah pengangguran. Paket tersebut seperti latihan kerja dibidang pertanian, tata boga, menjahit, komputer, mobil, motor sampai las listrik.”

Dia menjelaskan pelaksanaan pelatihan digelar minimal selama 40 hari penuh dan wajib diikuti setiap peserta. Nantinya setelah lulus peserta akan mendapatkan bukti kelulusan yang bisa digunakan saat mencari kerja.

“Keberadaan BLK terus dikembangkan Pemkab Sukoharjo dan ini sejalan dengan program pemerintah pusat. Sebab BLK sangat penting tidak sekedar melatih saja namun juga mempersiapkan calon tenaga kerja terampil dan mandiri,” ujarnya.

Selama ini keberadaan BLK Sukoharjo terus dimanfaatkan masyarakat untuk mendapatkan pelatihan kerja. Terbukti setiap tahun saat program pelatihan dibuka selalu dipenuhi peserta. Namun karena kuota terbatas maka setiap pelatihan dibagi dalam beberapa gelombang.

Facebook Comments