Menteri Basuki : Kelancaran Arus Mudik Tak Hanya Karena Kesiapan Infrastruktur

Menteri Basuki : Kelancaran Arus Mudik Tak Hanya Karena Kesiapan Infrastruktur

Menteri Pekerjaan Umum dan  Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan secara umum terdapat tiga aspek yang menjadi kunci lancarnya perjalanan mudik. Pertama yakni peran dari prasarana yaitu pembangunan infrastruktur penunjang untuk proses perjalanan mudik. Kemudian manajemen dari arus mudik yang dinilai sudah cukup baik. Selanjutnya juga dengan membaiknya perilaku dari pengguna prasarana mudik.

“Tidak hanya infrastruktur, kalau untuk transportasi lancar itu tiga hal, prasarana, manajemen dan dan perilaku penggunanya, tiga-tiganya dikelola dengan baik,” kata Menteri Basuki usai menghadiri Open House Presiden RI ke-7 Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo di Istana Negara, Rabu (5/6). Dalam Open House tersebut, Menteri Basuki turut beserta keluarga termasuk kedua cucunya.

Menteri Basuki mengatakan secara umum kesiapan jalur mudik tahun 2019 lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya. “Pada saat mudik, Kementerian Perhubungan sebagai Koordinator dan Korlantas sebagai penanggung jawab di lapangan, saya berada dibelakang untuk mensupport dan saya ikuti terus perkembangannya. Pihak Kepolisian menyatakan infrastruktur yang lebih baik tahun ini dibandingkan tahun lalu memudahkan dalam melakukan rekayasa lalu lintas,” jelas Menteri Basuki.

Beberapa pemudik berbagi informasi mengenai kelancaran arus mudik tahun ini melalui akun media sosialnya diantaranya perjalanan mudik Jakarta-Bandung 2-3 jam,  Jakarta-Semarang 6 jam, Jakarta-Solo 8 jam, Jakarta-Surabaya kurang dari 10 jam.

Dalam kesempatan itu, Menteri Basuki juga tidak lupa mengucapkan selamat Hari Raya Idulfitri kepada awak media. “Selamat Idul Fitri 1440 H, mohon maaf lahir batin,” ucap Menteri Basuki.

 

Facebook Comments