LSM dan Aktivis 98 Dukung Aparat Tindak Tegas Perusuh Negara

LSM dan Aktivis 98 Dukung Aparat Tindak Tegas Perusuh Negara

Sejumlah perwakilan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan eks aktivis 98 di Kabupaten Gunungkidul bertemu dengan jajaran pimpinan Polres Gunungkidul di mapolres setempat, Selasa (28/05/2019) siang.

Mereka memberi dukungan moral kepada polisi dan tentara yang mengamankan demo pasca Pemilu, serta mendesak untuk menangkap para perusuh negara.

Kedatangan para aktivis ini disambut oleh Kepolres Gunungkidul, AKBP Ahmad Fuady dan Wakapolres Gunungkidul, Kompol Joko Hamitoyo serta Kasat Intelkam, AKP Nurwidi Utomo di Aula Patriatama.

Salah satu mantan aktivis 98, Danang Ardianta mengatakan, kedatangan mereka sebagai dukungan kepada aparat yang menjaga dan mengamankan demo di Jakarta. Mereka prihatin aksi massa 21- 22 Mei berlangsung rusuh dan menimbulkan korban jiwa.

Ini bentuk kepedulian kita, masyarakat Gunungkidul. Imbas aksi itu pos polisi diserang, brimob juga. Sebagai warga Negara kami prihatin. Kami memberikan empati dan simpati kepada temen-temen Polri dan TNI dalam menjaga kedaulatan Negara,” ucapnya.

Kami juga meminta untuk menindak tegas perusuh yang merusak bangsa. Musuh dari konstitusi,” imbuhnya.

Tak jauh berbeda, Rino Caroko dari LSM Jejaring Rakyat Mandari (Jerami) juga sependapat untuk menindak tegas dan bila perlu menangkap para perusuh negara. Demo sejatinya hak konstitusional warga Negara, namun yang disayangkan adanya oknum-oknu perusuh.

Yang harus ditindak adalah oknum yang mengarah pada kerusakan NKRI,” tegas Rino.

Sementara Kapolres Gunungkidul, AKBP Ahmad Fuady mengucapkan terima kasih atas kedatangan dan dukungan gabungan elemen masyarakat tersebut. Pihaknya akan segera melaporkan aspirasi yang sudah disampaikan ke jajaran Polda DIY agar diteruskan ke jajaran yang lebih tinggi.

Acara selanjutnya dilanjutkan dengan penyerahan bunga warna merah dan putih serta pentungan kepada Kapolres. Bunga sebagai simbol cinta, sedangkan pentungan sebagai pesan tegas.

sorot.co

Facebook Comments