Jadi Tumpuan Warga, Pemerintah Segera Bangun Jembatan Sungai Oya

Jadi Tumpuan Warga, Pemerintah Segera Bangun Jembatan Sungai Oya

Bantul – Putusnya jembatan penghubung Dusun Wunut Desa Sriharjo Imogiri – Jetis Selopamiro Imogiri memberikan dampak luas terhadap aktivitas masyarakat. Sektor pendidikan, perekonomian di kawasan tersebut terganggu sejak jembatan yang membentang diatas Sungai Oya lenyap diterjang banjir akhir tahun 2017 lalu.  Bahkan hingga kini sejumlah siswa harus menerabas sungai untuk bisa sekolah.  Kondisi memperihatinkan itu menjadi perhatian anggota Komisi V DPR RI, Drs HM Idham Samawi  yang  secara khusus mengirim tenaga ahlinya.

“Pak Idham sudah memperjuangkan agar jembatan di Wunut itu secepatnya dibangun kembali tahun 2019,” ujar tenaga ahli Drs HM Idham Samawi, Noor Janis Langga Barana di disela pengecekan bekas jembatan Wunut Sriharjo Imogiri, Rabu (19/9/2018). Dalam acara itu juga dihadiri  Kabid Bina Marga DPU PKP Bantul, Eka Budi Santoso,  Ketua DPRD Bantul H Hanung Raharjo ST, Ketua LPMD Desa Sriharjo, Suwandi.

Janis  mengatakan, pembangunan jembatan gantung di Sungai Oya menjadi salah satu prioritas. Karena sejak dibangun tahun 2002, jembatan tersebut jadi tumpuan masyarakat Desa Sriharjo dan Selopamioro. Karena jembatan inspeksi tersebut mampu menghemat jarak tempuh di  dua wilayah itu. “Aspirasi Pak Idham  tahun 2018 khusus jembatan segera direalisasikan di Nambangan Sungai Opak di Pundong dan Tegaldowo Sungai Bedog Bantul. Sementara khusus jembatan gantung di Sungai Oya tahun 2019 direalisasikan,” ujar Janis. Pembangunan jembatan tersebut mesti segera dilakukan dengan pertimbangan jadi tumpuan  masyarakat.

Sementara Kabid Bina Marga DPU PKP Bantul, Eka Budi Santoso mengatakan, untuk jembatan dalam skala besar seperti di Sungai Oya dan Opak idealnya memang dari pemerintah pusat. Dengan nilai mencapai miliaran rupiah sangat berat jika perbaikan infrastruktur jembatan ditangani pemerintah daerah. Meski begitu sejumlah jembatan  dalam skala kecil sudah dan akan ditangani pemerintah Bantul, diantaranya jembatan Banjardadap Sanggraran Banguntapan, jembatan Ganjuran -Patalan, jembatan Sudimoro Triwidadi Pajangan, jembatan arah persimpang Pundong Jalan Parangtritis. “Untuk jembatan gangin Tamantirto akan ditangangi oleh BPBD,” jelas Eka

Facebook Comments