IPI: Keamanan Penerbangan RI Sudah Naik Kelas, Kini Peringkat 55

IPI: Keamanan Penerbangan RI Sudah Naik Kelas, Kini Peringkat 55

Ketua Umum IPI, Capt Rama Noya (memakai seragam pilot) dalam suatu diskusi.

Jakarta – Ikatan Pilot Indonesia (IPI) menyebut keselamatan penerbangan Indonesia kini masuk dalam kategori aman. Berdasarkan International Civil Aviation Organization (ICAO), kata IPI, Indonesia berada di peringkat 55.

“Saat ini penerbangan Indonesia dalam kategori aman. Saat ini sudah naik kelas dari peringkat 151, saat ini peringkat 55 menurut ICAO,” kata Ketua Umum IPI, Capt Rama Noya di Hotel Millennium, Jakarta Pusat, Rabu (7/11/2018).

Rama Noya menyampaikan itu dalam diskusi bertema ‘tarif murah, keselamatan seadanya?’. Dia menambahkan Indonesia kini juga sudah lepas dari larangan terbang di Eropa dan Amerika Serikat.

“Kita juga sudah lepas dari Europe banned dan US banned,” sambungnya.

Menurut Rama, hal itu semakin membuktikan jika keamanan penerbangan Indonesia sudah semakin baik. Namun, peristiwa jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 merupakan sebuah anomali yang seharusnya tidak terjadi.

“Tapi kejadian itu (Lion Air JT 610) merupakan sebuah anomali yang seharusnya tidak terjadi,” ujar Rama.

Untuk itu, Rama menyebut IPI akan mempublikasikan sebuah video untuk meyakinkan publik jika keamanan penerbangan Indonesia sudah semakin baik. Video itu berisi persiapan pilot dalam menjalani persiapan sebelum terbang hingga sampai tujuan.

“Kami Ikatan Pilot Indonesia akan publikasi dalam vlog proses awal penerbangan mulai dari pengumpulan dokumen terbang, mulai cuaca di tempat berangkat dan tempat tujuan, notice to air man. Kita harus tahu, kita akan coba publikasikan ke publik,” ucapnya.

Facebook Comments