Bangun Watak Bangsa dengan Program Penanaman Nilai Pancasila

Bangun Watak Bangsa dengan Program Penanaman Nilai Pancasila

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meluncurkan program penanaman nilai Pancasila sebagai wahana pembangunan watak bangsa, hari ini.

Setelah kita evaluasi, mata pelajaran Pendidikan Moral Pancasila (PMP) dengan kewarganegaraan, menjadi tidak fokus terutama di dalam hal pemahaman yang mendalam soal Pancasila,” ujar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy, dikutip dari Antaranews, di Jakarta, Rabu (10/7/2019).

Dengan dipisahkan penekanan antara pendidikan Pancasila dengan kewarganegaraan, maka pendidikan Pancasila akan betul-betul pada penanaman nilai dan fokus pembentukan karakter. Program tersebut akan dimulai tahun ajaran baru dan Kemendikbud sudah menyiapkan modulnya.

Untuk tingkat pendidikan anak usia dini (PAUD) hingga kelas dua sekolah menengah pertama (SMP) penekanannya pada penerapan nilai-nilai Pancasila secara langsung dan lebih banyak pada praktik. Sementara untuk SMP kelas tiga hingga sekolah menengah atas (SMA) penekanannya pada pengetahuan.

Facebook Comments